RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 11 Mei 2013

Sombong ciri khas dari setan

Assalamualaikum......

Segala puji bagi allah yang telah memberikan rahmatnya dan karunianya kepada kita sampai saat ini. Tidak juga lupa kita hadiahkan sholawat beriring salam untuk nabi besar Muhammad Saw semoga kita di berikan syafaat nya oleh beliau di akhir kelak nanti. Amin Yarob..

Di sini saya akan membahas tentang Sombong

Sombong adalah sifat yang di miliki manusia yang menganggap diri nya lebih dari apa pun dengan meremehkan orang lain. Dan orang yang sombong sering menolak kebenaran dan apalagi jikalau kebenaran itu datang dari orang yang di anggap nya remeh atau rendah.

Rasulullah Saw bersabda:
Takabbur itu adalah menolak kebenaran dan dan menghina orang lain (HR.Muslim)

Firman allah swt :
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: “bersujudlah kamu kepada Adam”, maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang sujud. Allah berfirman: Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) diwaktu Aku menyuruhmu?. Iblis menjawab: aku lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan aku dari api, sedang dia Engkau ciptakan dari tanah. Allah berfirman: turunlah kamu dari surga itu, karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina (QS 7:11-13, lihat juga QS 40:60).

Dampak sombong yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia adalah

Tidak senang jika di kritik atau di hujat. Mengapa karna dia sudah merasa sempurna, dan tidak mempunyai kekurangan di mana pun. Contoh Orang yang sudah tua menyombongkan dirinya karna memiliki segudang pengalaman dan ilmu.

Menolak suatu kebenaran padalah dia sudah meyakini bahwasanya itu adalah benar tapi kenapa..? Karna dia menganggap dirinya selalu sempurna dan benar. Seperti firman allah swt di bawah ini :
Dan mereka mengingkarinya karena kezaliman dan kesombongan (mereka), padahal hati mereka meyakini (kebenaran)nya. Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berbuat kebinasaan (QS 27:14).

Mungkin ini saja cerita dari saya, dan saya berpesan agar selalu bersikap baik kepada orang lain karna orang baik itu selalu mendapatkan apa yang di mau.

Jangan lupa di like atau di komment ya
Sekian dari saya Wassalam.....

0 komentar:

Posting Komentar

  • Blogger news