RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 11 Mei 2013

Tuntut lah ilmu sampai negri cina

Assalamualaikum.....

Segala puji bagi allah yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada kita hingga sampai saat ini. Tidak juga lupa kita hadiahkan sholawat beriring salam untuk nabi besar Muhammad Saw semoga kita di berikan syafaat nya oleh beliau di akhir kelak nanti. Amin Yarob..

Hadist nabi saw:

اُطْلُبُوْا العِلْمَ وَلَوْ في الصِّينِ
“Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China.”
"Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina."

Hadist di atas adalah menunjukan kita itu harus bersunggung sungguh  untuk menuntut ilmu artinya di mana pun ilmu berada tuntut lah. Dan mengapa hadist tersebut harus menuntut ilmu di negri cina..? mari kita bahas

Pertama negara cina adalah negara yang maju berkembang pesat di sanalah di temukan ramuan ramuan khasiat obat yang waktu itu belum ada yang menciptakannya. Negara cina juga memiliki penumuan yang berharga dan bermanfaat sampai saat ini diantara nya yaitu:

1. Bubuk Mesiu
Mesiu awalnya dibuat dari campuran kalium nitrat, arang dan belerang. Ini diasumsikan sebagai penemuan mesiu, karena Zeng menggambarkan tiga campuran bahan berbeda dan kemudian China menggunakannya sebagai sinyal suar dan kembang api,

2. Kompas
Ya kompas, kompas adalah alat untuk penujuk arah dan pada awalnya kompas yang diciptakan menunjuk ke selatan bukan utara karena mereka menganggap arah cardinal mereka adalah selatan dan pada waktu itu di buat menggunakan magnet.

3. Kertas
Ketas ya kertas yang kita gunakan saat ini ternyata di buat oleh bangsa cina. Pada waktu itu mulai terjadi setelah seorang pria bernama Cai Lun menemukan prototype kertas yang lebih maju. Dan Cai lun mencipatakanya menggunakan kayu dan air kemudian di press menggunakan kain tenun dan awalnya kertas pada waktu itu adalah kertas berbentuk kasar

4. Seismograf
Seismograf adalah alat pendeteksi gunung berapi yang di ukur dengan SC (Skala Ricter). Penemunya adalah seorang yang bernamaZhang Heng seorang astronom, matematik, engineer dan pelukis. Pada waktu itu seismograf buatan nya sederhana dan unik yaitu berbentuk sebuah bejana perunggu yang berat dengan dihiasi 9 ekor naga yang menghadap ke bawah dan 9 ekor katak yang menghadap ke atas. Dan di dalam bejana tergantung pendulum dalam keadaan diam sampai ada getaran yang menggerakkannya. Kesimpulannya, ayunan pendulum mengatur tuas gerakan internal seismograf. Hal ini akan memicu pelepasan bola di mulut naga yang menghadap ke arah episentrum gempa bumi. Bola kemudian akan langsung jatuh ke dalam mulut katak di bawah.

5. Sutra
Sutra adalah benang yang lembut dan halus dan terbuat dari ulat yang bernama ulat sutra. Dan pada waktu itu Sebuah gulir berisi artikel tentang produksi sutra ditemukan di makam Liangzhu diciptakan selama periode 3330-2200 SM. Orang-orang China merahasiakan penemuan sutra dengan sangat ketat. Dan pada akhir nya rahasia ini pun terbongkar oleh orang eropa.

Sekian pembahasan dari saya semoga bermaanfaat untuk anda sekalian 

Setelah membaca blog ini untuk keringanan hati nya di like atau di komen.

Wasaalamam.......



اُطْلُبُوْا العِلْمَ وَلَوْ في الصِّينِ
“Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China.”




0 komentar:

Posting Komentar

  • Blogger news